Tips: Mengatasi Masalah Komputer Hang

18Feb09

Pernahkah mengalami kejadian tiba-tiba komputer hang, tidak ada respond dan kita hanya bisa menggerakkan mouse tanpa bisa menjalankan aplikasi lain ? Bahkan kadang jurus pamungkas “Task Manager” ( Ctrl+Alt+Del ) pun tidak berdaya menghadapi kondisi semacam ini. Sehingga mungkin ujung-ujungnya kita hanya menekan tombol Reset.

Meskipun tombol reset bisa mengatasi, tetapi kadang bisa beresiko kehilangan data, ada fie yang rusak dan sebagainya. Alternatifnya, kita bisa mencoba menggunakan software gratis AntiFreeze.

AntiFreeze mungkin memberikan alternatif terakhir untuk mengatasi kejadian seperti diatas. Kejadian seperti itu bisa disebabkan oleh penggunaan CPU yang berlebihan (hampir 100%) atau penggunaan Memory yang terlalu besar, sehingga kita sama sekali tidak bisa membuka, berpindah atau menutup aplikasi apapun.

Setelah software ini di install, maka untuk mengaktifkan, kita tinggal menggunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+Alt+Win+Home ( Memang kombinasi yang cukup banyak, sampai 4 tombol ). Setelah itu AntiFreeze akan tampil fullscreen (satu layar penuh) dan hampir semua aplikasi lainnya akan di hentikan sementara (sleep) untuk menurunkan penggunaan CPU/Memory.

Ketika AntiFreeze tampil, kita tinggal mematikan process (End Process) aplikasi yang menggunakan CPU sangat besar ( indikasinya terlihat di kolom CPU Time) atau bisa juga penggunaan memory yang berlebihan (Mem Usage). Karena tampilannya menunya mirip Task Manager, seharusnya kita tidak akan kesulitan menggunakan software ini.

Keadaan-keadaan dimana AntiFreeze bisa digunakan, yaitu :

  1. Ada satu atau lebih aplikasi yang berjalan sangat intensif, menggunakan hampir seluruh proses CPU, sehingga sistem tidak responsif.
  2. ADa satu atau lebih aplikasi yang menggunakan Memory sangat besar (berlebihan) termasuk swaping file, sehingga membebani sistem.
  3. Ada Aplikasi yang dijalankan dengan prioritas sangat tinggi, sehingga menggunakan semua proses CPU (processor)
  4. Banyak program yang berjalan bersama-sama dan masing-masing ingin mendapatkan “perhatian/jatah” dari Processor.

Meskipun Demikian, terkadang AntiFreeze tidak berhasil atau tidak berjalan untuk kondisi-kondisi tertentu. Misalnya Komputer hang karena masalah hardware, seperti Memory(RAM) yang rusak, bad sector pada Hardisk dan sejenisnya (dan biasanya ditandai dengan Mouse Cursor yang tidak aktif /tidak bisa digerakkann ). Selain itu AntiFreeze juga mungkin tidak akan berhasil jika Aplikasi mempunyai prioritas yang lebih tinggi dari AntiFreeze.

Download AntiFreeze (814 KB)

Sumber: ebsoft.web.id



110 Responses to “Tips: Mengatasi Masalah Komputer Hang”

  1. 1 Han's

    Komputer Han’s suka nge-hang. pas waktu d Task Manager (Alt+Ctrl+Del) g bs. Suka bunyi dung keras banged. Kenapa ya….?Han’s blm sampe situ ilmunya.
    Tolong kasih tau ya.
    Seblum dan ssdahnya makasih.
    Salam

  2. 2 Acan

    Tolong berikan saya solusi ini Pc saya tidak mendeteksi harddisk

  3. Mantap Om,, Thanks

  4. 4 imam

    mas komputer saya cpu nyala tp di monitor g ada tampilan …. apa nya ya mas terima kasih …..!!!

  5. Salam
    sebagai pemula, tentu susah mengetahui mana program atau file2 yang penting dan tidak didalam komputer. adakah cara jitu yg bisa menghapus file 2 yang tidak penting dan bukan program secara online.
    Trims

  6. 6 Yo

    @Imam: jika dari start tidak ada tampilan apa-apa pada monitor kemungkinan kabel monitor atau monitornya yang bermasalah, coba kencengin kabel monitor yang ke port VGA. Jika ga ngefek coba pakai monitor yang lain.

    Tapi jika pertama start sempat tampil tulisan di monitor tapi ketika masuk ke grafik tiba-tiba monitor blank, kemungkinan settingan resolusinya kegedean dan monitor ga support. solusi ganti dengan monitor yang support kemudian turunkan resolusinya menjadi yang terendah, kemudian ganti dengan monitor yang bermasalah tadi.

    semoga berhasil.

  7. 7 arie

    bozz mw tanya nih?????????knp ya waktu saya browsing.,.,.,. mengdadak kompi tu mati>>>>tp led hdd & power masih nyala….. trs waktu kabel AC’a di cadut, trs di pasng lagi>>kompi nyala lagi>>>>> apa ya penyebabnya>>>>>> plz repi secepatnya….aq ga bisa browsing bozzzzz>>>>>>????????

  8. 8 Yo

    @arie: Saat kejadian seperti itu coba di restart dengan pencet tombol restart, jika tidak mau restart dan harus lepas kabel power kemungkinan power suplaynya sudah lemah…

  9. 9 yohan sasmito

    komputer saya sering mati mendadak. . .
    dan pd saat komputer tidak sengaja kesenggol,tiba2 mati dan t5idak bisa nyala lagi. . .
    apa ya masalahnya.??!!
    help me please .. . !!!

  10. 10 dowes

    om tolong dong,,komputerku sering hang klo lg maen poker aj, tiba” gk bisa gerak smuanya..
    tanks yah om

  11. 11 hamdi

    mass,,aku mau tanya kenapa komputer ku tiba-tiba sering hang,,pas memutar video..dan aplikasi yg kapasitasnya besar,,dan klu aku buka dxdiag jg hang,,aku hanya bs merestarnya kembali..ctrl alt del jg gak bs..hang total!!!!
    ram yg aku gunakan 2 GB,2 keping,jadinya semuanya 4 GB…
    mungkn sistemya rusak,,mkax aku mau instal ulang…tp mngkn ada alternatif lain…tolong ya bantuanya????thanks…

  12. 12 Yo

    @yohan: kalo kesenggol trus mati, mungkin arus listriknya terputus. coba cek semua kabel yang berhubungan dengan power (listrik)

    @dowes: speck komputer ga memadai mungkin (ga kuat gitu bro untuk main game)

    @hamdi: kemungkinan sistemnya yang rusak, coba di repair atau kalau perlu install ulang SO-nya

    Sorry bro semua, soal penyelesaian trouble masalah komputer memang mestinya melihat langsung jadi bisa di runut kerusakannya.

  13. 13 achmad

    assalamualaikum ………..
    aku pengen tanya kenapa komputer saya yang mempunyai speck hardisk 80 gb, memory/ ram 512mb tidak bisa untuk menginstal linux, jika proses penginstalan selalu muncul peringatan bahwa hatddisk tidak ditemukan padahal komputer itu baru saja di instal windows.
    mohon solusi dan bagai mana caranya agar bisa untuk penginstalan linux………….
    wassalamualaikum.

  14. 14 Yo

    @achmad: Mungkin hardisk bapak SATA dan SO Linuxnya ga support…, coba di cek dulu dan cari informasi tentang SO Linux yang akan bapak gunakan.

  15. 15 moell

    knp yah waktu ak nyalain video lewat flashdisc…ga bertahan lama..komputernya lansung mati…?
    ksih solusi dunk…..

  16. 16 zainal

    Assalammu’alaikum…. mas saya mau tanya!!! mengapa komputer saya mati mendadak,padahal saya tidak melakukan shut down. plese kasih tau caranya and tolong dikirim di I-mail aku ya….secepatnya….!!!!! Thank salam kenal.

  17. 17 Yo

    moell: mungkin powernya tidak kuat, power suplaynya sudah lemah
    zaenal: wa’alaikumussalam… bisa macam-macam penyebabnya, karena virus yang merusak sistem (opsinya di repair sistemnya) atau karena power suplaynya sudah lemah.

  18. 18 daryadi

    bos tlg saya, komputer saya sering mati pada saat proses apa kelebihan beban apa ada lainnya dan karna tiba-tiba hank dan tak dapat digerakkan. apa solusinya kalo ram kayaknya bukan terus apa dong…

  19. 19 Yo

    daryadi: kemungkinan bisa karena ga sesuai antara spek komputer dengan aplikasi yang di install. bisa juga karena program jahat seperti mallware dan lainnya.

    coba di scan dulu menggunakan antivirus, anti mallware dll. update terbaru juga bersihkan komputer dari file2 temporeri (sampah).

    Uninstall program yang ga penting termasuk bawaan windows seperti windows mesenger, outlook express, game dll.

    semoga membantu

  20. 20 deantica

    mz… ttlung dunk lou ada prmslhan komputer jlasinya lbih detail lg. krna ini sngat mmbntu saya bgt utk bwt lporan..
    mksih

  21. 21 rico john

    woe bro waktu di on.kan windows terasa biasa saja tapi setelah 10 detik berjalan sistem ya ngehang, bahkan sudah pakai jrus ctrl+alt+esc gmna nih pdahal ni laptop baru beli truz sblumx ga ada masalah apa2 truz klo dimatiin hrus pke cbut batre sgala lma2 bsa rusak mohon pencerahanx gan

  22. 22 rico john

    cpetan btuh bnget nih info ya sampe ni laptop gua diemin 2 hari 2 mlm

  23. 23 Yo

    Rico: sorry bro, coba di repair sistem operasinya

  24. 24 Ihsan

    mas, punya referensi antivirus yg bagus tapi “geratisan” termasuk updatenya..
    1lagi, gimana sih cara maintenance cpu biar ga sering nge-hang?
    padahal space hardisk msh bnyk..
    kalo nambah hardisk lagi, pengaruh ga?
    thanx mas..

  25. Kalo windowsnya genuine pake saja Microsoft Security Essentials dan SMADAV
    Agar CPU ga Ngehang, sesuaikan antara speck komputer dengan program aplikasi yang di install

  26. 26 KUAT SUTRISNO

    Assalamu’alaikum….,BOSS mau tanya nih…,komputer sering hang dan dilayar tertulis” REEBOOT AND SELECT PROPER BOOT DEVIVE OR INSERT BOOT MEDIA IN SELECTED BOOT DEVICE AND PRESS A KEY ” klo dicabut kabel power ok, tp nanti hang lagi ,apa yang rusak sih…?gimana solusinya

  27. 27 pi

    gan, ijin copas ya..
    akhirnya ane tau penyebab kompie ane sering hang tanpa sebab
    ane kira kena virus, ternyata overload – ketahuan kl sering maruk buka tab :p-

    copasnya ke kompie ane kok, bukan ke blog
    makasih yaa

  28. 28 Luy

    om…kompter gw di rumah g’ tampil windownya
    pas dihidupin trus yg muncul layar hitam&tampil bacaan “operating system not found”
    gimna solusinya tuom…????

  29. @Luy: itu terjadi karena sistem operasi tidak terbaca, bisa karena kabel datanya kendor/rusak, bisa juga sistem operasinya kehapus atau juga hardisnya yang rusak. coba di cabut kabel data ke harddisk lalu pasang lagi…

  30. 30 Idas Atirma

    Bagaimana cara mengatasi komputer hang yang dilayar monitornya keluar tulisan seperti ini :

    Phoenix TrustedCore ™ Desktop SP2 for ThinkCenter.U
    Copyright 1985-2005 Phoenix Technologies Ltd.
    All Rights Reserved

    (C) COPYRIGHT LENOVO CORPORATION 2005 ALL RIGHTS RESERVED
    (C) COPYRIGHT IBM CORPORATION 1981-2005 ALL RIGHTS RESERVED
    Portions Copyright 1998-1999 Intel Corporation

    CPU = 1 Processors Detected, Cores per Processor = 2
    Intel (R) Pentium (R) Dual CPU E2140 @ 1.60GHz
    503M System RAM Passed
    1024 KB L2 Cache

    Entering Setup….

  31. 31 widodo

    ”assalamualaikum mf mas mau tanya gmn jika komputer memorinya penuh
    dan jika di hapus aplikasi2nya tetap aj masih penuh
    terimaksih sebelumnya…

  32. 32 Yo

    Wa’alaikumussalam….., maksudnya memori hardisk atau virtual memori yang low?
    Kalau yang virtual memori low, sekarang lagi ada virus yang bikin PC lambat, scan aja PC pake anti virus luar, jangan yang local (belum kedetek) atau bisa pakai Dr.WEB Live CD lihat di http://lembaranpenting.blogspot.com/2011/04/drweb-live-cd.html

  33. 33 d351

    mas, mau tanya….
    komputer saya klo di hdupin kok bunyi knpa ya….??? apa banyak virusnya…???
    terus antivirus yang paling bgus itu apa …??
    terima kasih.

  34. 34 Yo

    Bunyinya kayak apa..? bukannya komputer kalau startup memang bunyi…!

  35. 35 irul

    asslm’alkm mas mau tnya kmptrq kok tiap kali tak buat scan pke avira / jalanin coreldraw n bbrpa apliksi lain yg rada brat kok selalu nge hang ya mas, kira2 solusinya bagaimana, mohon ptnjuknya.. trmksih sblume mas..

  36. 36 Yo

    Wa’alaikumussalam… kemungkinan karena speck komputernya rendah, jadi ketika lagi melakukan scan, memori kepake sama tuh avira sehingga ga kuat jalanin coreldraw. Karena coreldraw butuh memori besar

  37. Yth. Bung “Ebsoft”, numpang tanya solusinya.
    Laptop-ku perkembangan aksess hanya sampai menampilkan Microsoft Windows XP.
    Tolong gimana solusinya?
    Thanks atas ilmunya.

  38. oke bro aku coba ya

  39. NE software di jamin ngx ngrusak system nech,,, bozzzz,,,,,,,, ?

  40. 40 warnet aa

    Assalamu’alaikum….,BOSS mau tanya nih…,komputer sering hang dan dilayar tertulis” REEBOOT AND SELECT PROPER BOOT DEVIVE OR INSERT BOOT MEDIA IN SELECTED BOOT DEVICE AND PRESS A KEY ” klo dicabut kabel power ok, tp nanti hang lagi ,apa yang rusak sih…?gimana solusinya

  41. 41 Yo

    Wa’alaikumussalam…, coba kencengin kabel harddisk dan masuk ke BIOS setup, pastikan BOOT First-nya dari Harddisk bukan CDROM

  42. 42 desRamlan

    mas, komputer sya intel core 2 duo, 4gb ram, vga nya 1 gb, hdd 1tb, baru beli 2 bulanan. win xp sp3, tapi suka nge hang mendadak tampilannya aja. mouse, sm toolbar msh bisa jalan. malah bisa buka aplikasi lainnya. tapi lemot. pas booting pertama juga kdg lemot. trus tb” suka keluar windows explorernya something lose.. itu gimana ya? pake antivirus 3, avira 10, avast, smadav pro. tolooong mas ….. 😦

  43. 43 Yo

    Wow… speknya gede amat, kenapa cuma pake Win XP. Di lihat dari spek, harusnya moncer…..

    Kemungkinan lemot bisa karena SO nya bermasalah atau karena virus, anti virusnya update ga bro..? percuma pake banyak anti virus kalo ga di update….

    Kalau anti virusnya update… coba di repair windowsnya……

  44. maksih banyak gan,,
    kompi ane sering hang,,,
    tapi dengan bantuan software dari agan,,

    maknyoozz lah,,
    maen2 ke blog ane ya gan,,
    hehehe

  45. bagaimana solusi”y jika kompter alami dmping memory,,tampil layar warna biru,,

  46. Solusi pertama SO-nya di repair

  47. SIP Boss Tp Masalahnya Komputer Saya ini CPU nyala tp monitor mati kalau q cabut kabel monitor keluar NO SIGNAL gimana Boss cara mengatasinya Trims

  48. GI mana BOS?????

  49. Pastikan dulu monitornya mati apa tidak, coba di cpu lain atau laptop

  50. 50 afi

    gan mau tanya nih aq kok kalo mbuka hardisk d kok mesti komputer hang gmn y solusinya mohon pencerahanya

  51. 51 pheeie kecil

    assalamuallaikum wr.wb

    sory mau tanya…..
    kalau pake battrey laptop OK .. tapi kalo pake aliran listrik, dalam hitungan detik laptop tiba2 hang/mati dgn sendiri…..
    mohon bantuan untuk mengatasinya….
    terimakasih seblumnya

  52. 52 Yo

    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

    Coba lihat di http://lembaranpenting.blogspot.com/2011/09/mengatasi-masalah-laptop-toshiba.html

  53. 53 ryu

    boss mo tanya klo start up kluar bacaan ultra dma5 bad sector udh di setting di bios auto tapi msh balik lagi bacaan primary id not detected apaan yah masalahnya,trs lg kompi ane skrg gk kuat lama gk sampe 1 jam hang tak berdaya beku semua di restart hang jg tp di shutdown trs nyalain lg br normal apakah prosesor ane yg dual core dah gk beres???

  54. 54 ryu

    oh iya boss sbg info tambahan so xp2 prof, ram ane ddr2 3gb,prog yg msk saat start up udh ane disable smua kcuali antivir (avast) tp msh jg hang, mohon bantuannya boss pusing neh sblm ane banting neh kompi

  55. 55 Yo

    Kalau yang bad sector ya hardisknya yang bermasalah, kalau primary id not detected, hardisknya ga kedetek.

    Kalau kompi ga kuat lama trus hang atau restart sendiri, kalau bukan sistemnya yg terganggu kemungkinan power suplaynya sudah lemah

  56. om ajarin aku donk knapa leptop aku kalo dimousnya di geser tulisan leptop ku ko jadi kecil ya om gimana sih caranya om ajarin aku donk om teru waktu leptopku di matiin gx mati mati pas aku nyalain kok tibe tibe ada tulisan windows eror knapa yach om tolong donk kasih tau

  57. 57 Yo

    coba lihat di keyboard, barangkali ada yang kepencet ga balik

  58. 58 Mush

    Gan tolong kasi solusinya kenapa jika saya main TEXAZ POKER selalu hang kalau saya sudah masuk dalam meja tapi kalau cuma di lobinya tidak ….

  59. 59 ading mahamuk

    gan … pc ane pas restart gk muncul lagi gimana cara penyelesaian nya
    Thanks banget

  60. 60 Nanang

    Numpang tanya nih, kenapa dvd-room lptp sy gk bs ngedetek y? bagaimana cara memperbaikinya. Terimakasih

  61. 61 Yo

    Kalau masalah hardware laptop, saya sarankan langsung ke service center produk tersebut

  62. 62 rheza

    mas ketika saya mw masuk windows..pc sy gk bisa masuk, layar pc sy malah menjadi hitam penuh dan ada tulisan “the disk read eror” Please Ctrl+Alt+del to restart…klo masalah seperti ini cara benerinya gimana mas ? dan penyebabnya apa ? soalnya komputer saya sering seperti ini
    .

  63. 63 Yo

    Coba kencengin kabel hardisknya

  64. 64 abie

    laptop saya suka mati tiba-tiba saat main,itu kenapa ya??

  65. 65 Shinigami

    Gan, kompi gw sering hang kalau di buat maen game, seperti mouse gk mau gerak pokoknya gk bisa kerja semua harus di restart itu kenapa ya? ^^

  66. Mengkin specknya kurang tinggi, ga kuat untuk main game yang butuk spesifikasi komputer yang tinggi

  67. 67 Agus

    Komputer membuka terus layar “Save As” dan setiap mengetik suka mengintal sendiri. apa masalahnya? trimakasih banyak atas masukannya.

  68. 68 Indra

    Mas.. komputer ku suka nge hang / berhenti sendiri kalo lagi main game itu kenapa ya? makasih.

  69. Specnya kurang, atau bisa juga kompi terlalu panas

  70. Assalamu’alaikum mas. laptop saya sering hang waktu mau mutar video online. ga bisa spake ctrl+alt+del seperti yang mas bilang. nah saya tertarik menggunakan antifreeze. cuma sedikit bingung waktu mau tekan Ctrl+Alt+Win+Home.. tuts “win” itu yang mana ya mas? mohon segera dijawab mas

  71. win = gambar jendela deket Ctr

  72. 72 crys

    agan tolong bantuanya ane punya kompi.instal gem pes2012 bisa,tapi instal gem seniper mahun lagi berjalan setengah langsung ngeheng kira2 apanya itu.tlng pencerahanya.

  73. Having read this I thought it was extremely enlightening.
    I appreciate you finding the time and energy to put this article
    together. I once again find myself personally spending
    way too much time both reading and commenting.
    But so what, it was still worth it!

  74. 74 syadya

    gan komp saya hank waktu edit vidio padahal hanya durasi 5 menit, ram 1 gb masih juga hank. tanks

  75. 75 aceng

    oia untuk temen temen semua yang udah ahli, aku mau tanya kalo software dalam bentuk cd apa namanya ya
    tp fungsinya kaya virtual gitu, digunakannnya saat komputer mati, mati dalam artian bukan mati total karena os nya aj yang rusak nah fungsi software tsb buat jalanin os yang rusak tersebut nanti data penting kita pindahin dulu sebelum di instal ulang, software itu aku denger dari guruku, tp dia jarang ketemu ya pokonya gtu dech.

    info nya ya agan2 semua yaa tolong

  76. 76 aceng

    kirim info nya ke email herisusanto377@yahoo.com

  77. 77 Derry RN

    Mlem gan saya mau tanya nih, komputer kantor saya hang pada saat masuk windows beberapa detik, mouse ga bisa centang pesan erorr akhirnya lngs di off di PC.. Itu knp yah? Solusinya ditunggu om..

  78. 78 Yo

    System windowsnya mungkin bermasalah, coba direpair windowsnya, lihat di https://allows.wordpress.com/2009/03/31/trik-perbaikan-windows-xp/ kalau pake win XP

  79. 79 Rian

    assalamulaikum, kk mau nanya ni, Laptop aku sering mati lw baru d hidupkan, lw udh mati tu lama baru bisa hidup lagi, kadang berhari², pass di tnya di servis, katanya nggak ad yg rusak.. tpi kadang malah di pencet tombol power malah nggak hdup².. acer laptopnya.. susah lw ad keperluan, tdi sama kawan gara² di stand by kn, trus d hdupkan tk mau lagi.. gmana tu kk.??

  80. 80 eldi

    mas mau nanya, kenapa ya laptop aku klu putar film, dngar musik, tau internetan selalu lengket2 padahal udah d’instal ulang tidak ada perubahan…….

  81. 81 budi

    mas mau tanya komputer saya hanya muncul cursor saja dan layarnya hitam,,tidak mau di ctrl+alt+del,, gmn ???

  82. pc aku cuma ada wallpaper sama panah mouse doang 😦 gimana cara benerinnya?

  83. pc aku cuma ada wallpaper sama panah mouse 😦 benerinnya gimana?

  84. laptop cursornya suka lari-lari bagaimana cara mengatasing

  85. 85 beny

    gimana y, laptop saya kok cuma bisa d mainin pake mouse

  86. 86 tolong

    om help.laptop saya saat start dan booting terus,dan program/aplikasi dan bahkan buat refresh pun tidak mau alias hang.gara2nya saya hbs download microsoft serurity essentian dan sudah saya update.hbs itu hang…gmn om agar tdk hang dan saya akan hapus MSE tsb.trims

  87. di system restore ke tanggal sebelum install MSE

  88. 88 tolong

    nah cara buka system restore gmn om? Apa harus masuk ke tampilan windows atau sebelum masuk ke windows? Trims om

  89. 89 tolong

    soalnya kalau sdh masuk ke tampilan windows bootingnya lama dan saat klik mouse malah hang..trims om

  90. coba lewat save mode

  91. 91 tolong

    ok om.trims.laptopku sudah terbebas dari MSE.langsung ngacir.trims

  92. 92 yuz

    saya.. kan pake notebook, untuk tombol WIN kok nggak ada..ya gmana nih..?

  93. Tombol win itu yang berupa gambar logo microsoft (gambar jendela)

  94. Mas, laptopku kalo untuk menonton film (menggunakan WMP / MPC), filmnya selalu melambat dan freeze setelah berjalan sekitar 2 menit. Mouse harus digerakkan untuk menormalkan film tersebut. Apa yang salah ya?

  95. permisi om,,,notebook saya klo ganti walpaper ko’ selalu hitam terus selang brapa menit kemudiannya

    makasih bgt ea om

  96. Apa di desktop kanan bawah ada tulisan ” Windows not genuine”?

  97. selamat siang om.. laptop saya toshiba satelite c800, sudah pakai win8.. saat dinyalakan layarnya cuma hitam aja tapi kursornya bisa gerak.. saya matikan dengan cara menahan tombol power, trus saya tutup laptopnya.. tapi saat laptop dibuka lagi, laptop langsunng nyala tanpa di tekan tombol powernya, dan layarnya masih hitam semua tapi kursornya bisa saya gerakan.. solusinya bagaimana yaa? Ditunggu jawabannya.

    Terima Kasih..

  98. Gimana mau nginstall? Pas di idupin aja udah hang duluan.
    Mampir ya! http://www.dunia-artikelku.com

  99. Gan komputer hang sering di boting beresiko tidak…….trmksh

  100. 100 noi

    cpu,ddr3 tiap buka vidio.game.poto slalu ngerestar

  101. Assalamu’alaikum…mo nannya…
    Komp Q awalnya bisa di pake..tapi beberapa menit kemudian tiba2 macet… mouse gak bisa di gerakin, keyboard jg gak bisa…video yg Q puter jugaikutan mati…
    komp tetep nyala…

    klo di restart dr CPU y, komp booting lama… tp tiba2 hrs recovery startup *klo gak salah.. tp startup y berenti gitu ja… gak lanjut..

    kt kkak Q, komp gak bisa pake windows 7 karena dulu y komp Q windows Xp, pa bener??
    mohon bantuannya…

  102. Wa’alaikummussalam, kalau komputer lama kemungkinan speknya rendah, jadi nge-hang, ga kuat pake win7

  103. ane jug ikut nanya bang laptop ane mendadak mati pas ane pake intrnetan, sampai akhirnya suka mati@an sendiri kaya ngerestar mulu tolong solusinya dong bang syukron

  104. NIce post gan, bisa mulai an terapin

  105. 105 Ahmad

    saya ingin menanyakan apabila ada tulisan reboot and select proper boot device or insert boot media in selected

    bagaimana cara mengatasinya ……

  106. 106 yoga

    Saya ingin tanya,,,maen game tiba2 freeze diam ga bergerak sama sakali keyboar sm mouse tiba2 mati bener2 ga bs diutak atik hrus di reset!!padahal klo di desktop lancar!!klo dr spek si mencukupi….

  107. Mas mau tanya ni.. pas main game tiba tiba hang.. mouse tidak bisa digerakan.. semua sdah dicoba hang total.. pas saya restar paksa…. monitor ga ad gambaran layarnya…. mati gak nyala.. kira kira apanya yg rusak ?

  108. KUNJUNGI BERITA BOLA DAN LIVE STEARMING TERUPDATE DAN TERPOPULER YANG WAJIB ANDA KUNJUNGI:

    MenitGoal.com
    lihatbola.live
    lihatbola.asia
    asianbookie.id
    prediksipapa.com
    rekanbola.com


  1. 1 home work « ibenk
  2. 2 asian handicap betting

Tinggalkan komentar